Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengembalikan Command Prompt (cmd) di konteks menu Windows 10 Creators Update

Command Prompt Windows 10 Creators Update

Command Prompt atau yang biasa disebut "CMD" merupakan konsol atau sejenis terminal pada Linux yang digunakan untuk memasukkan perintah tersembunyi pada Windows. Seiring berkembangnya Windows, Command Prompt ikut diperbaharui dengan tambahan fitur perintah dan juga tampilan yang biasa di sesuaikan sesuai selera pengguna.

Microsoft memperkenalkan Windows PowerShell dengan dirilisnya Windows 8 dengan fungsi yang lebih mendalam dibanding Command Prompt. Windows PowerShell Windows 8 berfungsi sebagai pendamping Command prompt. Namun Command Prompt tetap di utamakan dengan penempatan yang lebih mudah untuk dijangkau pengguna.

Pada 11 April lalu Microsoft merilis update mayor ketiga untuk Windows 10 yang diberi nama Creators Update. Pada Windows 10 Creators Update, Command Prompt digantikan dengan Windows PowerShell yang bisa dilihat ketika menekan Win+X atau klik kanan di start menu. Command Prompt juga hilang ketika melakukan klik kanan+Shift pada suatu folder. Banyak pengguna yang tidak terbiasa menggunakan PowerShell termasuk admin sehingga lebih memilih untuk menggunakan Command Prompt.

Berikut adalah cara untuk mengembalikan Command Prompt ke konteks menu Windows 10 Creators Update.

  • Buka Notepad
  • Copy dan Paste text berikut ini [code type="JQuery"]Windows Registry Editor Version 5.00 [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\"" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\"" [HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt] @="@shell32.dll,-8506" "Extended"="" "NoWorkingDirectory"="" [HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt\command] @="cmd.exe /s /k pushd \"%V\""[/code]
  • Simpan dengan nama konteksmenu.reg atau terserah kamu yang penting extensi pilih .reg
  • Buka file konteksmenu.reg lalu pilih yes . Dengan begitu maka command prompt akan kembali muncul di konteks menu.
Bagi kamu yang tidak ingin ribet menulis kode diatas kamu bisa mengunduh file konteksmenu.reg yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Download Konteksmenu.reg

Untuk mengembalikan ke keadaan semula kamu bisa menginstall file undo.reg yang sudah saya gabung pada file diatas.

Jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di komentar.

8 komentar untuk "Cara mengembalikan Command Prompt (cmd) di konteks menu Windows 10 Creators Update"

  1. pas banget lagi nyari cara ngembaliin cmd di win 10 CU
    tanks banget bang artikelnya bermanfaat banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 bang, trimksih udah berkunjung (o)

      Hapus
  2. cmd saya gak ada mas , bisa tolongi mas

    BalasHapus
  3. Seharian browsing nyari solusi ini, akhirnya nemu juga. Work 100 %. Terima kasih Pak. Semoga blognya semakin berkembang dan sukses. Amin.

    BalasHapus
  4. bisa juga ya, makasih min sudah share caranya ini...
    blower infrared

    BalasHapus
  5. bgmna cara memperbaiki cmd yg tda berfungsi lagi?

    BalasHapus