Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Aplikasi dari "Unidentified Developers" di Mac

 "Unidentified Developers" di Mac
Mac OS memiliki fitur yang disebut "Gatekeeper", berfungsi untuk membatasi perangkat Mac kamu, sehingga kamu hanya bisa menginstal aplikasi dari pengembang yang sudah teridentifikasi oleh Apple. Kamu bisa menemukan fitur serupa pada perangkat Android. Layaknya Android, kamu tetap bisa mematikan fitur tersebut dengan cara yang mudah untuk menjalankan aplikasi apapun yang kamu inginkan.

Gatekeeper bekerja sedikit berbeda tergantung versi macos yang kamu jalankan. Versi lama membiarkan kamu mematikannya dengan tombol sederhana, sementara MacOS Sierra sedikit lebih rumit. Inilah yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu mencoba membuka aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya dengan cara double klik pada ikon aplikasi, kamu tidak akan berhasil dan akan muncul pesan "....Unidentified Developers......".

Cara Membuka Aplikasi dari pengembang yang tidak teridentifikasi di Mac

Peringatan: Gatekeeper adalah fitur keamanan, dan ini aktif secara default karena suatu alasan. Jalankan aplikasi yang kamu percaya saja.

Untuk membuka aplikasi dari sumber yang tidak teridentifikasi, klik kanan atau tekan Control + klik aplikasi dan pilih "Open". Cara ini bekerja di MacOS Sierra dan juga versi macos sebelumnya.

Open unsigned apps
Akan muncul pesan yang memberi tahu kamu bahwa aplikasi tersebut berasal dari pengembang tak dikenal - dengan kata lain, tidak ditandatangani dengan tanda tangan pengembang yang valid. Jika kamu mempercayai aplikasi tersebut, klik "Open" untuk menjalankannya.

Warning Unsigned Apps
Aplikasi akan terbuka dan Mac kamu akan mengingat setelan ini untuk setiap aplikasi tertentu yang kamu izinkan untuk menjalankannya, dan kamu tidak akan ditanya lagi saat akan menjalankan aplikasi itu lagi. Kamu hanya perlu melakukan ini saat pertama kali ingin menjalankan aplikasi "Unsigned" yang barubaru.

Ini adalah cara terbaik dan aman untuk menjalankan beberapa aplikasi yang tidak ditandai. Izinkan setiap aplikasi tertentu seperti Anda pergi, pastikan Anda mempercayai setiap aplikasi sebelum menjalankannya.

Ini adalah cara terbaik dan aman untuk menjalankan beberapa aplikasi dari sumber yang tidak teridentifikasi oleh Apple. Pastikan kamu mempercayai setiap aplikasi yang kamu dapatkan dari sumber luar (Mac apps store) sebelum menjalankannya.


Sumber: Howtogeek

1 komentar untuk "Cara Membuka Aplikasi dari "Unidentified Developers" di Mac"