Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Sleep dan Hybernate di Windows

Windows telah menyediakan banyak pilihan untuk menghemat daya ketika kita tidak menggunakan komputer. Pilihan pilihan yang diberikan adalah Sleep, Hybernate, Hybrid Sleep, dan berbagai macam customization lainnya. Di dalam Windows 10 Technical Preview sudah terdapat menu untuk mengaktifkan Battery Saver yang fungsinya untuk mengurangi penggunaan daya sehingga kita bisa menggunakan laptop lebih lama ketika menggunakan battery.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa perbedaan Sleep dan Hybernate serta Hybrid sleep yang ada pada windows. Untuk itu saya akan membagikan pengetahuan tentak apa perbedaan Sleep dan Hybernate.

SLEEP
Sleep adalah mode hemat daya yang mirip dengan metode pause film DVD. Ketika kita memlilih mode sleep maka semua kegiatan, document, dan aplikasi yang sedang berjalan akan dipindahkan ke memory RAM. Ketika semua sudah di pindahkan ke memory RAM maka komputer akan mematikan daya ke hardware yang lainnya seperti hardisk dan lain sebagainya kecuali RAM. Dengan begitu komputer tidak akan menghabiskan daya yang banyak karena yang menggunakan daya hanya RAM.  Ketika anda menghidupkan komputer kembali maka semuanya akan berlanjut seperti terakhir kali anda gunakan dan dengan waktu booting yang sangat cepat.
Mode Sleep biasanya di gunakan ketika tidak menggunakan komputer dalam waktu yang tidak lama.

HYBERNATE
Berbeda dengan Sleep, Hybernate menyimpan semua document yang sedang dibuka dan memindahkan semua aplikasi dan kegiatan yang sedang berjalan   ke hardisk. Selah itu komputer akan mati sepenuhnya. Mode hybernate menggunakan 0% daya sehingga sangat cocok ketika kita ingin meninggalkan komputer dalam waktu yang lama tetapi kita tidak ingin menutup pekrjaan kita dan ingin melanjutkannya nanti. Waktu booting menggunakan Hybernate lebih lambat daripada menggunakan sleep karena kecepatan Ram jauh lebih tinggi dari kecepatan hardisk.

HYBRID SLEEP
Hybrid sleep merupakan kombinasi dari Sleep dan Hybernate. Mode ini otomatis dimatikan ketika menggunakan Laptops dan aktif ketika menggunaka komputer Desktop. Hybrid sleep bekerja dengan cara memindahkan semua dokumen dan aplikasi yang sedang terbuka ke memory RAM dan Hard disk dan kemudian membuat komputer menggunakan daya yang sangat minim. Dengan begini maka kita bisa menghidupkan komputer lebih cepat dan melanjutkan pekerjaan kita yang tadi tertunda. Fitur ini dimatikan secara default untuk laptop dan hidup secara default untuk pengguna komputer desktop.

Itulah perbedaan sleep, hybernate, dan hybrid sleep. smeoga bermanfaat ya. :)

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Sleep dan Hybernate di Windows "