Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan folder "Program files" dan "Program Files (x86)" di Windows

Perbedaan "Program files" dan "Program Files (x86)"

Ketika kamu membuka lokal disk C:\, kamu akan menemukan dua folder yang mirip namun berbeda yaitu "Program Files" dan "Program Files (x86)". Ketika kamu membuka keduanya, kamu akan menemukan banyak folder aplikasi yang terpasang di PC Windows yang kamu gunakan. Kali ini TeknoWin10 akan menjelaskan tentang kedua folder diatas. Simak sampai selesai ya guys!

Windows 32-bit dan 64-bit

Awalnya Windows dibuat dalam bentuk 32-bit. Pada setiap Windows 32 bit tidak terkecuali Windows 10 32 bit, didalam lokal disk C:\ hanya ada "Program Files". Kamu tidak akan menemukan "Program Files (x86)".

Folder Program Files ini adalah lokasi yang direkomendasikan dimana program yang kamu instal harus menyimpan file executable, data, dan file lainnya. Dengan kata lain, program diinstal ke folder Program Files.Pada Windows versi 64-bit, aplikasi 64-bit di install ke folder Program Files. Namun, versi 64-bit Windows juga mendukung program 32-bit, dan Microsoft tidak ingin perangkat lunak 32-bit dan 64-bit tercampur aduk di tempat yang sama. Jadi, program 32-bit di-install ke folder "C:\Program Files (x86)".Windows menjalankan aplikasi 32-bit pada Windows versi 64-bit menggunakan sesuatu yang disebut WOW64, ini merupakan singkatan dari "Windows 32-bit on Windows 64-bit."Ketika kamu menjalankan program 32-bit pada Windows edisi 64-bit, lapisan emulasi WOW64 akan langsung mengalihkan akses file-nya dari "C:\Program Files" ke "C:\Program Files (x86)". Program 32-bit mencoba mengakses direktori Program Files dan kemudian diarahkan ke folder Program Files (x86). Program 64-bit tetap menggunakan folder Program Files biasa.

Apa yang disimpan pada masing-masing folder

Perbedaan "Program files" dan "Program Files (x86)"

Singkatnya, pada Windows versi 32-bit, hanya tersedia folder "C:\Program Files". Isinya adalah semua program yang terinstal, yang semuanya berbasis 32-bit.

Sedangkan pada Windows versi 64-bit, program 64-bit disimpan di folder "C:\Program Files" dan program 32-bit disimpan di folder "C:\Program Files (x86)".

Itu sebabnya berbagai program tersebar di dua folder Program Files, yang kelihatannya acak. Yang ada di folder "C:\Program Files" berbasis 64-bit, sedangkan yang ada di folder "C:\Program Files (x86)" berbasis 32-bit

Kenapa harus terpisah?

Ini adalah fitur kompatibilitas yang dirancang untuk program 32-bit. Program 32-bit ini bahkan mungkin tidak menyadari bahwa versi Windows yang digunakan 64-bit, jadi Windows menjauhkannya dari kode 64-bit tersebut.

Program 32-bit tidak dapat memuat perpustakaan 64-bit (file DLL), dan bisa menyebabkan macet atau crash jika mereka mencoba memuat file DLL tertentu dan malah menemukan file 64-bit bukan yang 32-bit. Hal yang sama berlaku untuk program 64-bit. Menjaga Program Files yang berbeda untuk berbagai arsitektur CPU yang terpisah mencegah kesalahan seperti ini terjadi.

Sebagai contoh, katakanlah Windows hanya menggunakan folder Program Files tunggal. Aplikasi 32-bit mungkin mencari file Microsoft Office DLL yang terdapat di C:\ rogram Files\Microsoft Office kemudian mencoba memuatnya. Namun, jika kamu menginstal
Microsoft Office 64-bit, aplikasi akan macet dan tidak akan berfungsi dengan baik. Dengan folder terpisah, aplikasi tersebut tidak akan dapat menemukan DLL yang salah, karena Microsoft Office versi 64-bit ada di C:\Program Files\Microsoft Office dan aplikasi 32-bit akan ditemukan di C:\Program Files (x86)\Microsoft Office.

Hal ini juga membantu saat pengembang membuat aplikasi versi 32-bit dan 64-bit, terutama jika keduanya perlu dipasang sekaligus dalam situasi tertentu. Versi 32-bit secara otomatis menginstal software ke C:\Program Files (x86), dan versi 64-bit secara otomatis menginstal ke C:\Program Files. Jika Windows menggunakan satu folder, pengembang aplikasi harus menginstal folder 64-bit ke folder yang berbeda agar mereka terpisah. Dan mungkin tidak ada standar yang nyata dimana pengembang harus meletakkan file untuk versi yang berbeda.


Kenapa Folder 32-bit diberikan nama tambahan (x86)?


System info Windows 10

Kamu tidak hanya akan melihat "32-bit" dan "64-bit." Sebagai gantinya, kadang-kadang kamu akan melihat "x86" dan "x64" untuk merujuk ke dua arsitektur yang berbeda tersebut. Hal itu karena komputer awal menggunakan chip Intel 8086. Chip aslinya berukuran 16 bit, namun versi yang lebih baru menjadi 32-bit. "X86" saat ini mengacu pada arsitektur pra-64-bit, entah itu 16 bit atau 32-bit. Arsitektur 64-bit yang lebih baru disebut sebagai "x64". 

Itulah arti "Program Files (x86)".Ini merupakan folder "Program Files" untuk program yang menggunakan arsitektur CPU x86 yang lebih tua. Untuk diketahui, bagaimana pun, Windows versi 64-bit idak dapat menjalankan kode 16-bit.

Nah, itu dia guys perbedaan "Program Files" dan "Program Files (x86)". Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "Perbedaan folder "Program files" dan "Program Files (x86)" di Windows"